Sabtu, 18 Februari 2012

Who I Am ? (Part 1)

Gausah di buka kalo ga pengen tauu....


Sepertinya postingan ini terlalu gimanaaaa gituuu, makanya nanti bakal saya edit ulang kembali...

Nama saya Lusiany K.Yunaningsih, nama asli yang ada di KTP dan ijazah hingga SMA. Namun entah mengapa saat masuk kuliah nama saya mengalami kesalahan menjadi Lusiani. Simpel sih hanya beda satu huruf toh cara pengucapannya pun sama, tapi tetep saja saya terganggu. Sudah beberapa kali mengeluh hal ini pada admisi kampus namun pada saat itu saya dilempar-lempar, tanya ke sini lah, ke sana lah, karena sudah terlanjur sebel yauda saya biarin saja. So, nama yang bakal tercantum di skripsi dan ijazah S1 saya nanti adalah Lusiani K.Yunaningsih. Huft.

Saya lahir di Sorong, pada tanggal 4 Agusutus 1990 jam 03.30 WIT. Bercerita tentang kelahiran saya nie, kata mama saya tuh lahir di rumah bukan di rumah sakit umum seperti yang tertulis di akta kelahiran. Pas mama lagi kontraksi, yang nemenin mama adalah Ibu Pesolima, tetangga. Dan yang menjadi bidannya adalah suster Bata, yang di bangunin subuh-subuh buat bantuin mama ngelahirin. Where's my dad ??

Saat papa sampai rumah, saya udah tenang di pelukan mama. Sempet kecewa sih pas tau papa ga ngeliat mama waktu ngelahirin saya. Tapi kok bisa sih? Pas mama sudah menunjukkan tanda2, papa manggil Ibu Pesolima untuk nemenin mama sedangkan Papa pergi ke kantor minjem mobil untuk nganter mama ke RS. Nah pas papa di kantor, mama udah ga tahan akhirnya di panggil deh si Suster Bata. Ada kisahnya nie, selama papa perjalanan pulang bawa mobil itu, mobilnya mogok-mogok terus, padahal bensin cukup, papa udah cemas setengah mati takut terjadi apa-apa sama mama. Sedangkan di rumah, walaupun mama sudah ga tahan, tapi saya belum bisa keluar, boro-boro keluar nongol pun engga. Eh pas suster Bata datang, langsung bilang: "Aduh Ibu salah posisi, harusnya ngadep sini", dibantu Suster Bata dan Ibu Pesolima, posisi mama di hadapin ke arah kiblat, eh ga sampe 2 menit mama mengejan dan akhirnya keluarlah saya :D

Saya ketawa-ketawa pas mama nyeritain ini, ternyata perjuangan mama papa berat juga pas waktu itu. Mama juga banyak cerita masa kecil saya dengan menunjukkan foto-foto saya pas masih bayi. Hanya 2 tahun saya menjadi anak bungsu, setelah itu saya mendapat adik laki-laki. 3 tahun berikutnya saya dapet adik laki-laki lagi dan 5 tahun berikutnya saya akhirnya mempunyai seorang adik perempuan. Saya mempunyai 1 orang kakak laki-laki yang berusia 3 tahun di atas saya.

Saat TK, saya bersekolah di TK Aisyah 2 Sorong. Langsung ke tingkat nol besar. Bisa di bilang pas TK saya cukup nakal sekaligus cengeng. Seinget saya, saya pernah numpahin cat lukis ke pekerjaan teman-teman saya yang membuat saya di jewer sama Ibu Guru. Dan saya pernah nangis ketakutan waktu naek papan perosotan tapi ga berani turun, akhirnya harus digendong oleh Ibu Guru. Pernah ngamuk ga mau pulang ke rumah kecuali di jemput sama papa, karena pas waktu itu sepatu saya hilang. Akhirnya langsung di beliin sepatu baru sama Papa. Saat di supermarket pernah nangis karena nyenggol barang pecah belah. Bahkan sampai sekarang saya pasti ketakutan kalo harus lewat rak-rak berisi barang pecah belah.

Pas TK, pernah nyaris jadi Mayoret, impianku sejak terjun di Marching Band. Saat latihan saya yang memegang bendera, namun menjelang beberapa hari sebelum pawai, si mayoret asli sakit dan saya pun maju menggantinya. Namun pas hari H, dia sembuh dan merebut kembali posisinya sebagai mayoret. Hemm namanya Novi. Entah dimana dia sekarang.

SD Inpres 17, tidak jauh dari TK Aisyah 2 adalah tingkat selanjutnya saya menimba ilmu. Dengan kakak saya di kelas 4, saya merasa aman bersekolah di situ. Namun ternyata hal itu tidak berpengaruh, saya sering dikerjain sama seorang anak asli Papua bernama Immanuel. Immanuel ini entah kenapa sering banged nyari gara-gara, sampai puncaknya dia menyembunyikan botol minum saya. Saya yang kesel akhirnya melapor pada kakak, si Immanuel kena tampar kakak. Wali kelas kami, Ibu Helen ga terima Immanuel di tampar sama kakak dan dia ngebales nampar kakak saya, dan akhirnya Papa turun tangan ke sekolah. Sejak itu, Ibu Helen benci banged sama saya dan kakak saya. Bahkan efeknya, nilai Matematika di rapor saya mendapat nilai 5, padahal semua ulangan dan tugas saya selalu mendapat nilai sempurna. Papa yang ga terima lagi-lagi berurusan sama Ibu Helen dengan memamparkan semua hasil ulangan saya, dan hasilnya nilai matematika saya mendapat nilai 7, namun di kolom huruf masih tertulis Lima. Hubungan saya sama Ibu Helen ga harmonis selama kelas 2, saat kelas 3 saya berpisah dengan Ibu Helen. Sampai sekarang pun kakak saya sering mengolok-olok saya dengan memanggil Immanuel.

Hari-hari selanjutnya di SD banyak di habiskan dengan bercanda bersama teman-teman saya, cinta monyet, bersaing dalam ranking. Namun hanya 4 tahun bersekolah di SD Inpres 7. Tahun 2000, papa pindah tugas ke Manokwari. Saya pun di sekolahkan ke SD Yapis 2 Reremi. Saat masuk di kelas 5B saya langsung menggeser juara kelas di Cawu 1. Hasilnya saya sukses di musuhin si juara kelas yang ternyata punya temen se-geng. Cawu 2 dan 3, rangking kami bersaing ketat namun saya harus puas berada di posisi 2 di cawu 3. Saat naik kelas 6, saya malah berteman dengan temen-temen se-gengnya Juara kelas. Bisa dibilang kami berenam adalah langganan rangking 10 besar selama kelas 6, namun keuntungan berpihak pada saya di antata kami ber6 hanya saya yang mendapat beasiswa berprestasi, saya tidak perlu membayar uang SPP dan di setiap cawu saya di suplai alat-alat tulis. Well, mereka sempat iri pada saya. Satu hal yang saya sesali selama kelas 6, pada akhir penerimaan rapot saya harus meninggalkan mereka terlebih dahulu. Saya bahkan belum sempat berpamitan pada guru-guru, dan saya sempat bertengkar dengan sahabat saya. Saya memutuskan melanjutkan SMP di Jogja, itulah saya begitu terburu-buru meninggalkan Manokwari. Mama melepas kami dengan tangisan di pelabuhan, bayangkan perasaan seorang Ibu yang harus melepas kedua anaknya bersekolah di tempat yang jauh apalagi anak gadisnya masih berusia 12 tahun. Kalau mengingat hal itu saya selalu menangis, sampai sekarang saat mama menceritakan hal itu pasti mama langsung nangis. Papa yang ga pernah nangis pun akhirnya menangis saat harus pulang kembali ke Manokwari setelah memastikan saya dan kakak saya hidup terjamin di Jogja.

To Be Continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar